chagichagi

About

Following

Stop membakar sampah di pekarangan rumah kita

Membakar sampah-sampah kering di pekarangan rumah setiap sore mungkin sudah menjadi rutinitas kebanyakan orang,namun siapa sangka kegiatan yang membuat pekarangan rumah kita tampak bersih dan asri itu menimbulkan kerugian bagi berbagai pihak.

Bayangkan dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia saat ini dan perubahan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang beragam menimbulkan banyaknya jumlah dan jenis sampah yang ada. Serta pengelolaan sampah selama ini masih belum sesuai dengan metode dan standar yang di tetapkan dan tidak ramah lingkungan. Salah satu kesalahan yang kita lakukan adalah membakar sampah di pekarangan rumah. Membakar sampah menghasilkan CO2 (karbondioksida) yang tentunya tidak baik untuk kesehatan dan coba saja bayangkan jika setiap orang di Indonesia membakar sampah di pekarangan rumahnya, berapa banyak CO2 yang di hasilkan? Dan hal itu berlangsung secara terus menerus.

 

Larangan membakar sampah tertuang pada “Undang-undang (UU) nomor 18 tahun 2008 tentang Persampahan” dan pada pasal 25,pada salah satu poin tercantum tentang larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis pengelolaan sampah. Bahkan ada perbincangan untuk mendenda pihak yang membakar atau pun membuang sampah sembarangan sebesar RP.50 juta atau kurungan penjara minimal 3 bulan. Hal tersebut pernah di ajukan dalam raperda di solo.Kendati di anggap kontroversial,namun fungsi perda tersebut tidak semata-mata hanya ingin mencari untung namun lebih untuk menciptakan rasa jera bagi pelanggar dan untuk menekan tingkat polusi yang di sebabkan.

Nah,di karenakan membakar sampah bukanlah solusi yang tepat dan juga tidak baik untuk kesehatan banyak orang karna menghasilkan CO2 yang bisa merusak system pernafasan dan memperparah pemanasan global karna merusak ozon ayo kita mulai menghilangkan rutinitas membakar sampah di pekarangan rumah dan memilih cara yang lebih ramah lingkungan seperti mengubur sampah organik atau mengumpulkannya dan membuang ke TPS yang sudah di sediakan untuk kebaikan kita semua.

 

Mari semua bagi pembaca blog chagichagi ini kita mulai perubahan untuk kebaikan bersama di masa mendatang dengan moto “Mari berubah – Aku,kita & semua”.

 

P.S Maaf kalo bahasanya sedikit berat,saya lagi menciptakan image yang cool maklum mahasiswa baru. *emot kacamata*

1 note
  1. ananta25 reblogged this from chagichagi
  2. chagichagi posted this